Projek P5 Kewirausahaan, Market Day: Menumbuhkan Semangat Wirausaha di Kalangan Pelajar - SMA Edu Global Bandung - Sekolah Bilingual dan Nasional Plus Cambridge

Projek P5 Kewirausahaan, Market Day: Menumbuhkan Semangat Wirausaha di Kalangan Pelajar


Pada Senin 2 September 2024, para siswa diperkenalkan dengan Projek P5, yang kemudian mereka diminta untuk membuat Mind Mapping seputar pengenalan P5, dan di akhir yaitu berisikan pematerian digital marketing yang diisi oleh Coach Club Kewirausahaan, Zikailah Cinta Diramia, S.M.


Hari berikutnya, Selasa 3 September 2024, para siswa bekerja sama per kelas guna persiapan untuk "Market Day", mereka diajarkan bagaimana untuk melakukan perencanaan bisnis, penentuan produk, kalkukasi profit, hingga hal seputar teknis kegiatan yang kemudian dipresentasikan di depan kelas lain agar supaya tidak ada produk yang sama, dan tentunya kegiatan tersebut dipandu oleh guru-guru fasilitator tiap kelas. Di akhir, sebagai pemantapan kami hadirkan pemateri kewirausahaan dari salah satu orang tua siswa, founder RM. Synergy, Bapak Riri Muktamar, S.Si., M.B.A.


Rabu 4 September, yaitu Outing Class, kami beraktivitas di Cihampelas Walk guna mewawancarai beberapa pedagang kaki lima, toko kelontong, hingga beberapa stand di Mall Cihampelas sebagai bentuk peningkatan wawasan kewirausahaan secara langsung kepada pelakunya. Mereka mengerjakan worksheet yang sudah disiapkan untuk kemudian diisi secara sistematis dan terstruktur.


Boom! Inilah hari yang dinantikan, Kamis 5 September, merupakan puncak daripada rangkaian kegiatan, wujud aktualisasi kewirausahaan, stand rapih berjejer di lapangan, para siswa menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, beraneka ragam makanan dan minuman dihidangkan. Tradisional? Ada! Chinese? Ada! Korean? Ada! Semuanya lengkap! Rasa-rasanya ingin menghabiskan semuanya. Haha! Dengan antusiasme yang tinggi, para siswa bahkan guru pun turut meramaikan kegiatan Market Day, sampai-sampai ludes! Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar sebagaimana mestinya.


Jumat 6 September, yaitu hari terakhir, dan bertepatan di hari mulia ini, sudah semestinya kita merenungkan segala sesuatu yang sudah terjadi, kontemplasi diri, saling islah untuk ke depan yang lebih baik. Para siswa beserta guru menyampaikan evaluasi dari mulai hari pertama hingga akhir. No Hard Feeling! Menjadi tagline di penghujung acara ini, semua berhak berbicara, tiap kelas, tiap individu, disilakan untuk menyampaikan kritikannya dengan hormat dan bijaksana. Selain itu, yang tak kalah menarik adalah penyebutan nominasi untuk beberapa kategori, yaitu “The Best Project”, “The Best Teamwork”, dan “The Most Profitable Sales”. “The Best Project”, yang diraih oleh Kelas 10 B, kemudian “The Best Teamwork” yang disematkan kepada Kelas 10 E, dan sang calon wirausahawan top, “The Most Profitable Sales”, yang jatuh kepada Kelas 10 A. Tahniah untuk semua kelas yang mendapatkan peraihan nominasi, dan jangan berkecil hati untuk kelas yang belum berkesempatan meraih nominasi tersebut.


Demikianlah berakhirnya sudah kegiatan P5 dengan Tema “Market Day: Menumbuhkan Semangat Wirausaha di Kalangan Pelajar”. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih. Salam Wirausaha!


Penulis: Gema Mutakabbir, S.Pd.

Please write your comments
Get your future here!