Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah: Exploring Diversity, Culture And Global Connectivity - SMA Edu Global Bandung - Sekolah Bilingual dan Nasional Plus Cambridge

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah: Exploring Diversity, Culture And Global Connectivity

 Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA Edu Global tahun ajaran 2024/2025 sukses digelar dengan sangat baik pada 15 – 19 Juli 2024. MPLS adalah periode esensial dalam tahun ajaran baru yang memberikan kesempatan bagi seluruh siswa baru untuk mengenal lingkungan sekolah serta memahami berbagai aspek yang mendukung proses pembelajaran. Tak hanya itu, MPLS juga telah menjadi masa – masa yang menyenangkan bagi siswa baru untuk saling mengenal teman serta seluruh civitas SMA Edu Global.


Tema yang diusung untuk MPLS tahun ini adalah Exploring Diversity, Culture And Global Connectivity. Melalui tema ini MPLS pun dirancang agar para siswa memahami berbagai keberagaman serta menghargai perbedaan yang dimiliki oleh setiap orang agar mampu berwawasan terbuka dan global. Materi mengenai lingkungan belajar yang inklusif berkebhinekaan dan aman disampaikan langsung oleh psikolog sekolah, Andina Bella Putri, M.Psi. yang mampu memicu antusiasme yang sangat tinggi dari seluruh siswa.


Selain itu, SMA Edu Global juga menghadirkan native speaker yang menyampaikan mengenai Cross-Cultural Understanding in Creating Inclusive International Learning Circumstances. Hadirnya native speaker di Tengah MPLS memberikan pengalaman autentik bagi siswa dikarenakan pembawaan mengenai cross cultural menjadi sangat nyata, menarik, dan interaktif.


Materi – materi yang tak kalah menarik lainnya dibawakan oleh  Kabengpuspal PUSPALAD dan BINMAS POLRESTABES Bandung mengenai tata upacara sipil serta kreatif pencegahan penanganan kekerasan di lingkungan sekolah. Beragamnya latar belakang pemateri membuat suasana MPLS menjadi dinamis sehingga setiap harinya selalu terasa berbeda.


Suasana yang dibangun selama MPLS dibuat agar siswa merasakan sekolah adalah tempat yang ramah anak. Seluruh kegiatan selama MPLS dirancang dengan menghidupkan suasana kekeluargaan sehingga siswa baru selama periode MPLS merasa diterima dengan tangan terbuka oleh civitas SMA Edu Global dan membuat siswa mampu beradaptasi dengan lebih cepat.


Dengan mendesain program MPLS yang penuh empati, menyenangkan, dan inklusif, sekolah dapat menciptakan pengalaman pengenalan yang positif yang mendukung transisi siswa dan membangun fondasi yang kuat untuk kesuksesan mereka. Dengan pendekatan yang tepat, MPLS dapat menjadi momen yang menyenangkan dan bermanfaat yang membantu siswa memulai perjalanan akademis mereka dengan penuh percaya diri dan semangat.



Ditulis oleh Tasya Amalia Dwiharyani, S.Pd.
Please write your comments
Get your future here!