Sidang Akhir Mini Riset SMA Edu Global: Wadah Peningkatan Keterampilan Abad 21 - SMA Edu Global Bandung - Sekolah Bilingual dan Nasional Plus

Sidang Akhir Mini Riset SMA Edu Global: Wadah Peningkatan Keterampilan Abad 21


Senin, 27 Mei 2024 lalu, SMA Edu Global Bandung telah melaksanakan Sidang Akhir Mini Riset. Kegiatan ini merupakan agenda lanjutan dari sidang proposal mini riset. Kegiatan dimulai dengan pembukaan sidang yang berisi pemaparan aturan sidang dan perkenalan para penguji eksternal dan penguji internal. Penguji eksternal adalah dosen-dosen yang ahli di bidang masing-masing, yang memberikan penilaian berdasarkan keahlian dan pengalaman mereka dalam bidang yang relevan. Penguji internal adalah guru dari SMA Edu Global yang mengajar mata pelajaran terkait dengan topik mini riset yang dipresentasikan.


Setelah pembukaan, peserta didik akan masuk ke ruang sidang sesuai dengan jadwal yang sudah diberitahukan. Kegiatan kali ini dibagi menjadi 4 ruang sidang dengan masing-masing 9 kelompok penampil. Setiap kelompok akan diberikan waktu 10 menit untuk presentasi dan 20 menit untuk diberikan pertanyaan oleh para penguji. Selain penguji eksternal & internal, kegiatan ini juga dihadiri oleh orang tua peserta didik agar dapat menyimak hasil dari penelitian putra/putrinya. Selama proses ini, peserta mendapatkan masukan berharga yang akan memberikan pengalaman untuk melaksanakan riset di jenjang selanjutnya. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menguji kemampuan akademik para pelajar, tetapi juga untuk mengembangkan karakter dan profil pelajar Pancasila yang berintegritas, kritis, dan berwawasan luas.


Pada akhir kegiatan ini, akan diumumkan peserta dengan peraih nilai terbaik dan beberapa kategori lainnya. Peserta dengan nilai terbaik diraih oleh Aisa Yahya Fatiha dan Keisha Azkia Kalingga dengan judul penelitian “Hubungan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah dengan Anemia di Kalangan Remaja Putri SMA Edu Global Bandung”, kelompok terbaik kedua diraih oleh Hafiza Raisa dan Najwa Rayda dengan judul penelitian “A case study: Social Relationship Towards Dissociative Identity Disorder Patient (Amnesia Dissociative)”, dan kelompok terbaik ketiga diraih oleh Herald Mascherano dan Melvino Imtiyaza dengan judul penelitian “The Comparassion of Scriptural Study Methods Between Muslim and Christian Senior High School Students in Bandung and It’s Impact on Personal Development and Societal Perspective”.


Adapun beberapa kategori yang diraih oleh siswa pada kegiatan ini adalah kategori the best effort yang diraih oleh kelompok Naura Khansa & Annisa Putri dan kelompok Dewi Rizkita & Alya Salsabila. Kategori the best product diraih oleh Kemal Muktamar dan M. Athhar, kategori the best writing diraih oleh Teuku Aria & Raidiansyah, dan kategori the best presentation diraih oleh Razan Rahmat Darmawan. Selain penghargaan untuk siswa, ada juga penghargaan yang diraih oleh guru pembimbing yang diraih oleh Sir Sony Rachmat, S. Pd. Dan Miss Tasya Dwi Amalia, S. Pd.


Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dan sudah menjadi ciri khas Edu Global School yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas, kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, keterampilan digital, pemecahan masalah, dan adaptabilitas.




Ditulis oleh: Salma Choerunnisa, S.Pd., Waka Kurikulum SMA Edu Global dan Guru Bahasa Indonesia
Please write your comments
Get your future here!